Pages

Senin, 19 April 2010

Banyaklah Beribadah dan Tinggalkanlah Perkara yang Sia-sia!



Adik-adikku sayang, semoga Allah menjadikan kalian anak-anak yang pandai memanfaatkan waktu.
Pada bulan Romadhon yang mulia ini, janganlah kalian isi hari-hari kalian dengan perkara yang sia-sia seperti membaca komik, dongeng, menonton televisi, main playstation dan lain-lain. Akan tetapi isilah waktu kalian dengan kegiatan yang bermanfaat.


Rosulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
(( لَيْسَ الصِّيَامُ مِنَ اْلأَكْلِ وَالشَّرَبِ إِنَّمَا الصَّيَامَ مِنَ اللَّغْوِ وَالرَّفَثِ فَإِنْ سَابَكَ أَحَدٌ اَوْجَهِلَ عَلَيْكَ فَقُلْ إِنِّي صَائِمٌ , إِنِّي صَائِمٌ ))
“Puasa bukanlah dari makan, minum (semata), tetapi puasa itu menahan diri dari perbuatan sia-sia dan keji. Jika ada orang yang mencelamu atau tidak mengetahui perkaramu, maka, katakanlah: Aku sedang puasa, aku sedang puasa”
Kalian bisa memanfaatkan waktu senggang untuk beribadah, membaca Al-Quran, menghapalkan hadits-hadits Nabi, atau mengulang kembali pelajaran yang telah diberikan oleh ustadz atau ustadzah di sekolah. Kalian juga bisa mengisi waktu dengan membaca kisah-kisah teladan dari para Nabi maupun orang-orang shalih.
Atau kalian dapat juga membantu abi atau ummi di rumah. Biasanya ummi agak repot bila waktu berbuka hampir tiba. Nah, kalian bisa membantu beliau mempersiapkan makanan atau minuman untuk berbuka.
Di waktu malam hari, kalian juga bisa mengikuti ibadah shalat tarawih. Bisa di rumah maupun di masjid. Dengan demikian, kalian akan terlatih untuk senantiasa melakukan amal shalih.

1 komentar: